Blog

10 Cara Belajar Ala Albert Einstein

Memiliki prestasi yang cemerlang tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi kita dan orang terdekat kita. Namun sering kali mulai dari langkah awal yang paling dasar saja seperti cara belajar kita sudah salah langkah. Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara belajar yang tepat, bagaimana orang yang lebih sukses dari kita (salah satunya ada lah Albert Einstein) mempelajari banyak hal semasa hidupnya. Berikut 10 cara belajar ala Albert Einstein :

  1. Melamun dan Merenung
    Terkadang teralu sibuk memikirkan banyak hal membuat kita sedikit belajar dan hanya mengulang-ulang ilmu apa yang sudah kita kuasai. berhenti dari rutinitas dan coba untuk berfikir sejenak tindakan apa yang harus diambil untuk menambah ilmu pengetahuan.
  2. Belajar Dari Orang Yang Jauh Lebih Cerdas
    Einstein juga sering mengikuti instruksi / mentoring dari orang-orang cerdas lainnya seperti Max Planck. Jika kamu tidak bisa belajar dari orang-orang yang lebih cerdas dari kamu secara langsung, coba untuk membaca hasil-hasil risetnya.
  3. Belajar Berbagai bidang
    Belajar itu perlu, namun otak kita juga perlu diseimbangi dengan aktifitas lain agar tidak jenuh. Einstein mempelajari musik terutama violin untuk menyeimbangkan psikologis.
  4. Mempercayai Keingintahuannya Sendiri
    Satu cerita legendaris menceritakan bahwa ayahnya memberinya kompas saat ia berusia lima tahun. Setelah lama melakukan pengamatan, Einstein tahu bahwa terdapat beberapa kekuatan diluar sedang mempengaruhi jarum agar tetap mengarah ke arah yang sama.
  5. Tidak Mudah Percaya terhadap Apapun Yang Diajarkan orang
    Terkadang banyak guru memaksa murid untuk harus mempercayai perkataannya. Coba untuk mencari tahu kembali apa yang orang lain ajarkan.
  6. Jangan Takut Terlihat Bodoh

    Sebuah pepatah Cina berbunyi, “Dia yang mengajukan pertanyaan adalah orang bodoh selama lima menit dan Siapa yang tidak mengajukan pertanyaan tetap bodoh selama ini.” Belajar benar membutuhkan waktu eksplorasi permasalahan, penyelesaian dan kebenaran lain yang banyak orang anggap remeh.
  7. Desain Kurikulum Anda Sendiri
    Dia punya teman saat di universitas untuk mencatatkan materi di kelas untuknya disaat dia sedang membaca buku atau jurnal “ekstrakurikuler” pilihannya tentang fisika dan matematika.
  8. Dia Mengandalkan Sang Pencipta Untuk Belajar
    Einstein percaya bahwa dengan belajar dan disiplin kita bisa belajar hal-hal tentang benda yang tak terlihat atau fenomena lain. Ia percaya bahwa “Tuhan” tidak akan sewenang-wenang dan tentu akan bertindak sesuai dengan hukum alam yang berlaku.
  9. Menunda Kesenangan
    Berapa banyak waktu yang akan dihabiskan Einstein di YouTube atau Facebook jika dia ada di sekitar hari ini? Pikirannya kembali secara konsisten untuk “mengeksplorasi dan memahami dunia fisik.” Apa pendapat Anda tentang kapan Anda tidak memikirkan hal lain? Penemuan Einstein tidak mudah terjadi; mereka berasal dari disiplin!
  10. Belajar dan Explorasi Sendiri
    Seperti yang ditulis oleh seorang penulis biografi (Ronald W. Clark), dia “menemukan pendidikan sebenarnya di tempat lain, di zamannya sendiri.” Sekolah memberi dasar dasar bahasa dan konsep dasar, namun Einstein terus belajar jauh melampaui batas-batas akademisi. Jadi kita melihat bahwa Einstein mempertahankan kebiasaan membuat keputusan sendiri tentang apa yang akan ia baca dan pelajari. Dia tidak membiarkan orang lain membuat keputusan untuknya.Jadi mana yang kamu sudah terapkan?
    Ada cara yang lebih keren lagi, share ya dikolom komentar.
    Makasih sudah mau membaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *